Pendampingan Literasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.113Keywords:
kampus merdeka, iterasi dasar, pendampinganAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dasar siswa di salah satu SMP swasta di Kota Serang Provinsi Banten. Hasil observasi melalui survei literasi diperoleh sebanyak 21 siswa dari kelas VII dan VIII yang masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Permasalahan ini berdampak pada keterbatasan siswa dalam memahami pelajaran dan menuangkan fikiran secara tertulis. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut dilakukan program pendampingan literasi yang diberi nama Tutor Latihan Literasi yang melibatkan enam mahasiswa dari program Kampus Merdeka. Pendekatan yang digunakan meliputi bimbingan dalam kelompok kecil, latihan membaca, dan penugasan untuk melancarkan menulis. Kegiatan berlangsung selama tiga bulan dengan pertemuan rutin pada jam istirahat sebanyak 3 kali dalam seminggu. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan membaca dan menulis sebagian besar siswa yang didampingi, sehingga lebih memiliki rasa percaya diri dalam kegiatan belajar di sekolah. Selanjutnya mahasiswa pendamping juga memperoleh pengalaman terjun langsung dalam membimbing siswa dengan literasi yang rendah.