Marketing Mix (Harga, Tempat, Produk, Promosi) Pada Bakso Ikan Malingping
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.124Keywords:
Harga, Produk, Promosi, TempatAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis UMKM pedagang bakso dalam menghadapi para kompetitor bakso ikan Malingping. Pengabdian ini merupakan survei langsung dari lapangan. Pengabdian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. pengambilan data dengan cara wawancara, dan observasi. Pengabdian ini menggunakan analisis SWOT yang melihat dari sudut pandang pada Produk, Harga, Tempat dan Promosi Penjualan, dengan mengidentifikasi konsep bauran pemasaran (marketing mix) sebagai analisis potensi pengembangan dan kegagalan dari kegiatan penjualan bakso, Hasil dari pengabdain dilihat mengimplementasi bahwa posisi UMKM pedagang bakso sebagai kekuatan untuk bersaing dengan dan mengimplementasi di posisi stabil. Dilihat dari sudut pandang ini posisi UMKM bakso ikan Malingping berada pada puncak yang dimana para pedagang dapat dikatakan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Untuk tetap dapat bertahan di era persaingan yang ketat sekarang UMKM bakso ikan Malingping dapat menggunakan strategi SWOT yaitu menerapkan strategi SO (Strength Opportunity), dimana UMKM bakso Mitra memiliki kekuatan yang dapat dipakai untuk memaksimalkan peluang dan menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix).