Marketing Mix (Harga, Tempat, Produk, Promosi) Pada Bakso Ikan Malingping

Authors

  • Gugup Tugi Prihatma Universitas Serang Raya
  • Nurhayani Nurhayani Universitas Serang Raya
  • Alif Syalya Universitas Serang Raya
  • Deri Rizky Universitas Serang Raya
  • Elsa Alfianti Universitas Serang Raya
  • Via Yuliana Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v2i.124

Keywords:

Harga, Produk, Promosi, Tempat

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis UMKM pedagang bakso dalam menghadapi para kompetitor bakso ikan Malingping. Pengabdian ini merupakan survei langsung dari lapangan. Pengabdian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. pengambilan data dengan cara wawancara, dan observasi. Pengabdian ini menggunakan analisis SWOT yang melihat dari sudut pandang pada Produk, Harga, Tempat dan Promosi Penjualan, dengan mengidentifikasi konsep bauran pemasaran (marketing mix) sebagai analisis potensi pengembangan dan kegagalan dari kegiatan penjualan bakso, Hasil dari pengabdain dilihat mengimplementasi bahwa posisi UMKM pedagang bakso sebagai kekuatan untuk bersaing dengan dan mengimplementasi di posisi stabil. Dilihat dari sudut pandang ini posisi UMKM bakso ikan Malingping berada pada puncak yang dimana para pedagang dapat dikatakan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Untuk tetap dapat bertahan di era persaingan yang ketat sekarang UMKM bakso ikan Malingping dapat menggunakan strategi SWOT yaitu menerapkan strategi SO (Strength Opportunity), dimana UMKM bakso Mitra memiliki kekuatan yang dapat dipakai untuk memaksimalkan peluang dan menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix).

Downloads

Published

2025-07-23