Implementasi Digital Marketing, Branding dan Labeling UMKM Kerupuk Kulit di Kota Serang

Authors

  • Dian Maulita Universitas Serang Raya
  • Eka Indah Yuslistyari Universitas Serang Raya
  • Izzuddin Fikri Albar Universitas Serang Raya
  • Lulu Mamluatul Hikmah Universitas Serang Raya
  • Dafa Nurrohman Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v2i.131

Keywords:

branding, Digital Marketing, labeling, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas usaha kerupuk kulit “Laksana Mandiri” yang berlokasi di Kelurahan Serang Kota Serang Banten melalui inovasi kemasan serta pengimplementasian digital marketing, branding dan labeling. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh mitra yang memiliki keterbatasan pada pengemasan sertaS penjualan produknya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan melakukan penyuluhan serta pendampingan dalam memilih dan mengemas produk, sistem pemasaran digital serta melakukan riset pasar terkait dengan respon konsumen terhadap kemasan yang baru. Dari hasil penyuluhan yang dilaksanakan mitra mendapatkan perubahan pola pikir terkait pentingnya inovasi pada kemasan dan jenis kemasan yang baik serta sistem promosi yang modern sehingga mitra memiliki keinginan untuk merubah kemasan dan menerapkan digital marketing agar bisa meningkatkan produktivitas penjualan produknya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini memberikan motivasi mitra untuk semakin berinovasi dan belajar serta mengeksplorasi pengetahuan yang dimiliki terkait strategi pemasaran lainnya seperti promosi dan distribusi produk yang dihasilkan.

Downloads

Published

2025-07-23