PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN SALAK SASAHAN DAN CITRA MEREK DI DESA SASAHAN – WARINGINKURUNG SERANG BANTEN

Authors

  • Eka Indah Yuslistyari Universitas Serang Raya
  • Chotibul Umam Universitas Banten Jaya
  • Billy Muhamad Firdaus Universitas Serang Raya
  • Muhammad Quraisy Shihab Universitas Serang Raya
  • Muhammad Naufal Faras SMA Ali Maksum

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v2i.132

Keywords:

salak, asinan salak, Desa Sasahan, Citra Produk

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Serang Raya tahun 2025 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sasahan. Desa Sasahan merupakan salah satu desa di Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang yang memiliki potensi perkebunan salak cukup melimpah. Permasalahan yang terjadi diantaranya pengembangan alternatif olahan salak belum dilaksanakan dengan optimal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah buah salak melalui inovasi produk olahan asinan salak dan penguatan aspek pemasaran melalui kemasan dan logo. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam tiga tahap: tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Proses pelaksanaan pengabdian dimulai dengan melakukan observasi dan survey ke lokasi pengabdian, melengkapi prosedur administrasi, dan merancang kegiatan pengabdian. Pada tahap inti, kegiatan pengabdian fokus pada pendampingan dalam inovasi produk olahan salak dan citra merek produk pada kemasan serta logo. Sedangkan tahap akhir evaluasi kegiatan dan penyusunan laporan akhir. Sasaran dalam kegiatan pengabdian ini yaitu masyarakat desa Sasahan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dalam pengembangan potensi lokal mengolah salak menjadi produk bernilai ekonomis serta pemahaman akan pentingnya identitas merek dalam pemasaran. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dan menciptakan peluang usaha baru berbasis potensi lokal.

Downloads

Published

2025-07-23