Peningkatan Pemasaran Dan Implementasi Google Maps Pada UKM Kerupuk Putra Jaya Di Kecamatan Serang
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.136Keywords:
Google Maps, Pemasaran Digital, UKMAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar bagi Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar. Pengabdian ini mengkaji implementasi Google Maps sebagai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas UKM Kerupuk Putra Jaya yang telah beroperasi sejak 1992. Sebagai usaha keluarga dengan 28 karyawan, UKM ini menghadapi tantangan signifikan dalam hal promosi dan kemudahan akses pelanggan terhadap lokasi usaha mereka. Permasalahan mitra diantaranya tidak mau menggunakan teknologi dalam pemasaran, tidak mau memasang merek dagang, dll. Metode pengabdian menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan cara sosialisi, pendampingan, dan implementasi program pemasaran digital melalui platform Google Maps. Program implementasi dilakukan dalam tiga tahap utama yang meliputi pembuatan desain identitas visual, pengembangan profil Google Bisnisku, dan produksi konten promosi multimedia. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa implementasi Google Maps mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan visibilitas bisnis, kemudahan akses pelanggan, dan pengembangan strategi pemasaran digital yang terintegrasi. Pengabdian ini mengindikasikan bahwa UKM Kerupuk Putra Jaya berhasil meningkatkan kehadiran digitalnya melalui profil Google Maps yang komprehensif, memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah menemukan lokasi, mengakses informasi operasional, dan berinteraksi langsung dengan bisnis. Implementasi ini tidak hanya memperbaiki aspek teknis pemasaran, tetapi juga membuka peluang ekspansi pasar yang lebih luas bagi UKM tersebut.