SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDES SAMBILAWANG KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.157Keywords:
BUMDes, Desa Sambilawang, Emping Mlinjo, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Di era digital saat ini mengharuskan para pelaku usaha untuk beradaptasi dengan teknologi dalam berbagai kegiatan usaha, salah satunya dalam aktivitas pemasaran. Digitalisasi dalam pemasaran seharusnya dapat dimanfaatkan oleh BUMDes agar produk yang dikelola semakin dikenal luas dan laris di pasaran. Masih terbatasnya pengetahuan tentang pemasaran digital (digital marketing) mendorong tim Pengabdian masyarakat dan KKM Kelompok 59 Universitas Serang Raya untuk memperkenalkan konsep pemasaran digital dan aktivitas dalam pemasaran digital. Adapun tujuan kegitatan pengabdian ini adalah mendukung para pelaku unit usaha desa untuk memajukan dan meningkatkan penjualan produk unggulannya yaitu emping mlinjo melalui pemasaran digital. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema pengenalan digital marketing kepada BUMDes ini dilakukan dengan cara presentasi dan pemberian materi oleh fasilitator, diskusi serta pendampingan pelatihan bersama para pengelola BUMDes Sambilawang. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, para pengelola BUMDes beserta unit usaha desa diberikan materi tentang bagaimana pemanfaatan dan peran digital marketing dalam mengembangkan sebuah usaha, termasuk juga pemanfaatan media sosial dan website sebagai sarana informasi, komunikasi, hingga berdagang secara online. Dilihat dari pelatihan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa para peserta secara keseluruhan mampu memahami dan mulai mempraktekkan kegiatan pemasaran secara digital melalui penggunaan akun media sosial serta website untuk menginformasikan dan mempromosikan setiap produk yang dimiliki unit usaha BUMDes Sambiwang. Dengan demikian, melalui kegiatan yang telah dilakukan maka diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja BUMDes Sambilawang serta mencapai kesejahteraan masyarakat desa Sambilawang.