Pengembangan UMKM e-commerce untuk Peningkatan Ekonomi Lokal di Desa Gowok Kelurahan Sukajaya Kecamatan Curug Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.158Keywords:
Pengabdian Masyarakat, E-commerce, Pengembangan UMKM, Ekonomi Lokal, Pemasaran DigitalAbstract
Artikel ini focus pada tema “Pengembangan E-commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, da Menengah (UMKM) guna Meningkatkan Ekonomi Lokal.” Program ini di laksanakan di Desa Gowok Kelurahan Sukajaya Kecamatan Curug, Kota Serang. Tujuannya memberdayakan UMKM local, khususnya di sector camilan rumahan dengan mengatasi tantangan dalam pemasaran gidital, manajemen keuangan, kualitas produkm dan kepatuhan hukum. Pendekatan partisipatif digunakan melibatkan sesi pelatihan dan pendampingan yang meningkatkan literasi digital di kalangan peserta UMKM. Kegitana utama termasuk lokakarya mengenai pemasaran media sosial, pencatatan keuangan, pelabelan produk, dan panduan memperoleh legalitas usaha melalui system Online Single Submission (OSS). Hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan untuk memanfaatkan platform digital, mengelola keuangan, dan meningkatkan daya tarik produk, yang berkontribusi pada kemandirian ekonomi. Program KKM menguntungkan baik UMKM maupun mahasiswa, menyoroti perlunya kolaborasi berkelanjutan antara institusi akademik dan komunitas lokal untuk pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.