Pengembangan Website Kelurahan Tamanbaru Dalam Upaya Peningkatkan Akses Dan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.19Keywords:
Informasi, Masyarakat, Pemerintahan, Teknologi informasi, WebsiteAbstract
Pengembangan teknologi informasi oleh pemerintah memiliki peran penting dalam membangun infrastruktur layanan bagi masyarakat, terutama dalam konteks administrasi pemerintahan di tingkat lokal seperti kelurahan. Kelurahan Tamanbaru sebagai entitas pemerintahan yang bertanggung jawab atas kebutuhan masyarakat di wilayahnya, mengakui pentingnya pengembangan website sebagai sarana untuk meningkatkan akses dan pelayanan informasi kepada masyarakat. Dengan populasi yang terus berkembang dan kebutuhan akan informasi yang semakin kompleks, kelurahan Tamanbaru berkomitmen untuk mengembangkan website sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Metode yang diterapkan dalam kegiatan PkM ini adalah prototyping. Dimulai dengan tahap perencanaan, memenuhi kebutuhan sistem, serta melibatkan pengguna secara aktif dalam setiap langkah hingga tahap akhir yaitu implementasi. perangkat lunak yang digunakan pada pengembangan website ini ialah CMS (Content Management System) hal ini membantu dalam pengembangan website karena administrasi konten yang mudah, memungkinkan kelurahan untuk mengelola informasi seperti pengumuman, agenda, dan dokumentasi dengan efisien sehingga mampu memberikan aksesibilitas bagi warga untuk mendapatkan informasi terkini tentang kegiatan dan layanan di kelurahan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PkM ini adalah sebuah situs web yang terdiri dari menu-menu seperti: Halaman Utama, Tentang Kami, Berita, Layanan, dan menu ini berfungsi untuk menyediakan informasi tentang pelaksanaan pemerintahan di kelurahan tamanbaru dan juga dapat digunakan untuk tujuan promosi.