Peran Digitalisasi Marketing dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah bagi Pelaku Usaha UMKM di Dalung Cipocok Jaya Serang

Authors

  • Heru Winarno Universitas Serang Raya
  • Dwi Salma Raihanah Universitas Serang Raya
  • Ilma Fahma Syadidah Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v1i.22

Keywords:

Digitalisasi, Ekonomi Daerah, Sate Bandeng, UMKM

Abstract

Sate Bandeng Pesto Ibu Amenah merupakan salah satu usaha kuliner yang berkembang di Dalung Serang. Dalam upaya meningkatkan pemasaran dan penjualan produknya, UMKM ini menghadapi tantangan dalam memanfaatkan digitalisasi secara maksimal. Untuk mengatasi tantangan tersebut, kegiatan seminar digitalisasi UMKM dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Kelompok KKM 18 Universitas Serang Raya. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform digital untuk pemasaran, strategi pemasaran digital yang efektif, serta pengelolaan usaha berbasis digital. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan seminar, praktik memasak, persiapan kemasan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan  UMKM Sate Bandeng Presto Ibu Amenah dan UMKM lainnya dalam digitalisasi usaha. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan kontribusi UMKM terhadap ekonomi daerah Dalung khususnya dan Serang Banten pada umumnya.

Downloads

Published

2024-10-18