Pembuatan Merek Produk dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Pada Produk Manisan Terong di Desa Panyirapan Kecamatan Baros
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.43Keywords:
situs belanja, teknologi Informasi, UMKMAbstract
Di era globalisasi yang terjadi pada saat ini masyarakat dituntut untuk menguasai teknologi agar tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Pemanfaatan teknologi yang semakin pesat tidak hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan bertukar informasi, tetapi juga sebagai sarana berbelanja. Melalui marketplace atau situs belanja, konsumen lebih mudah untuk melakukan kegiatan berbelanja sehingga konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan hanya menggunakan gaway. Fokus utama program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat pelaku kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tentang cara branding produk manisan terong dan penjualannya melalui marketplace, yang bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pembuatan branding serta penjualan melalui marketplace. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui sosialisasi dan diskusi. Masyarakat di Desa Panyirapan Kecamatan Baros sebagian besar belum memiliki kemampuan dalam melakukan pemasaran, baik secara manual maupun secara digital yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu untuk dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat desa dan pelaku UMKM agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pemasaran secara digital. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut kemudian dilaksanakan melalui program Pengabdian Masyarakat.