Penyuluhan Anti Bullying pada Siswa Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah melalui Pendidikan Karakter

Authors

  • Zalfa Kaila Widi Utami Universitas Serang Raya
  • Shalesya Fatiha Rizkika Universitas Serang Raya
  • Rika Khairun Nissa Universitas Serang Raya
  • Muhammad Fajar Arifulloh Universitas Serang Raya
  • Fuqoha Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v1i.59

Keywords:

Bullying, Post-test, Pre-test, Siswa, Sosialisasi

Abstract

Bullying adalah masalah serius yang sering terjadi di lingkungan sekolah, termasuk penghinaan, pengucilan, kekerasan fisik, dan ancaman. Kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying sangat penting untuk ditingkatkan. Dalam menghadapi masalah ini, Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tujuan meminimalisir bullying melalui kegiatan pre-test, sosialisasi, dan post-test di beberapa sekolah. Kegiatan ini mencakup observasi, wawancara, serta pembagian angket pre-test dan post-test. Siswa diberikan materi ajar dan video tentang bullying, diikuti dengan sesi tanya jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum sosialisasi, kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying masih rendah. Namun, setelah sosialisasi, terjadi perubahan sikap yang signifikan pada siswa, yang dapat membantu mereka dalam mencegah dan menangani bullying.

Downloads

Published

2024-10-18