Edukasi Gizi, Literasi Keuangan dan Pencegahan Bullying di Sanggar Belajar Permai, Penang, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.67Keywords:
literasi gizi, literasi keuangan, pencegahan kekerasan, pengabdian internasionalAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Sekolah Belajar (SB) Permai Penang, Malaysia, bertujuan untuk meningkatkan literasi gizi, literasi keuangan, dan pencegahan bullying di kalangan siswa. Dengan fokus pada anak PMI (Pekerja Migran Indonesia), identifikasi permasalahan dilakukan dengan menggunakan metode observasi online terhadap SB di Malaysia serta komunikasi intens dengan pihak terkait. Metode pelaksanaan melibatkan penyampaian materi tatap muka oleh tim PKM Kemitraan Internasional Universitas Ahmad Dahlan dengan dukungan dari PT. Intelektual Pustaka Media Utama sebagai mitra eksternal. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program berhasil meningkatkan pemahaman siswa terkait pentingnya gizi seimbang, manajemen keuangan, dan dampak buruk bullying. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terkait konsumsi makanan, keuangan, serta sikap terhadap bullying. Meskipun dihadapkan pada kendala seperti keterbatasan sumber daya dan logistik, kerjasama yang kuat antara tim pengusul, mitra, dan pihak sekolah membantu mengatasi hambatan tersebut. Program PkM ini memberikan kontribusi yang positif dalam memperbaiki kondisi literasi gizi, keuangan, dan meminimalisir kasus bullying di SB Permai Penang.