Peningkatan Kapasitas UMKM Rumah Salmah melalui Desain Kemasan, Media Promosi Visual, dan Digitalisasi Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.98Keywords:
Digitalisasi, kemasan produk, keripik tempe, pemasaran digital, UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dalam perekonomian lokal, namun sering menghadapi tantangan dalam aspek pemasaran dan branding. Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 54 Universitas Serang Raya berfokus pada peningkatan kapasitas UMKM Keripik Tempe Karib di Kecamatan Cipocok Jaya, Serang. Program pengabdian ini meliputi pembuatan desain stiker kemasan, spanduk promosi, pemasaran digital, serta pendaftaran lokasi digital (Google Maps). Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, daya saing produk, dan aksesibilitas konsumen terhadap UMKM lokal. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam daya tarik visual produk dan kemudahan konsumen dalam menemukan lokasi usaha secara daring. Temuan ini mendukung urgensi digitalisasi UMKM untuk adaptasi di era ekonomi digital.