Peningkatan Kapasitas UMKM Rumah Salmah melalui Desain Kemasan, Media Promosi Visual, dan Digitalisasi Pemasaran

Authors

  • Nina Arlofa Universitas Serang Raya
  • Arifina Febriasari Universitas Serang Raya
  • Farid Wajdi Universitas Serang Raya
  • Muhammad Nurhaula Huddin Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v2i.98

Keywords:

Digitalisasi, kemasan produk, keripik tempe, pemasaran digital, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dalam perekonomian lokal, namun sering menghadapi tantangan dalam aspek pemasaran dan branding. Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 54 Universitas Serang Raya berfokus pada peningkatan kapasitas UMKM Keripik Tempe Karib di Kecamatan Cipocok Jaya, Serang. Program pengabdian ini meliputi pembuatan desain stiker kemasan, spanduk promosi, pemasaran digital, serta pendaftaran lokasi digital (Google Maps). Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, daya saing produk, dan aksesibilitas konsumen terhadap UMKM lokal. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam daya tarik visual produk dan kemudahan konsumen dalam menemukan lokasi usaha secara daring. Temuan ini mendukung urgensi digitalisasi UMKM untuk adaptasi di era ekonomi digital.

Downloads

Published

2025-07-21