Studi Kelayakan Usaha UMKM Makanan:Ditinjau dari Aspek Pemasaran, Manajemen, dan Finansial
Keywords:
Aspek Finansial, Aspek Manajemen, Aspek Pemasaran, Studi Kelayakan Bisnis, UMKM makananAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bidang kuliner, khususnya yang fokus pada produksi berbagai jenis kue dan camilan, mendapatkan peluang pasar yang signifikan sejalan dengan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap makanan siap saji dan snack. Dalam aspek pemasaran, pengelolaan usaha, dan manajemen keuangan tetap menjadi hambatan utama dalam kelangsungan usaha. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menilai kelayakan bisnis UMKM pada sektor makanan melalui tiga sudut pandang utama: pemasaran, pengelolaan, dan keuangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif yang melibatkan pengumpulan informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari pelaku UMKM yang bergerak dalam produksi kue dan snack. Penelitian ini menghasilkan bahwa bisnis UMKM yang bergerak di bidang makanan ini telah membangun dasar pemasaran yang kuat terutama mengenai mutu produk dan penentuan harga yang tepat, meskipun untuk pendistribusian dan promosi masih perlu pengembangan untuk memperluas pasar dan menambah angka penjualan. Struktur organisasi yang sederhana dan fleksibel mempermudah koordinasi dalam proses produksi dan pemasaran, Dimana pemilik usaha memiliki peranan penting untuk menangani semua kegiatan usaha. Berdasarkan aspek finansial menghasilkan bahwa modal yang berasal dari pemilik akan menghasilkan Payback Period (PP) selama 3 bulan 2 minggu.