EDUKASI LINGKUNGAN BERKELANJUTAN: MEMBANGUN KESADARAN MELALUI PRAKTIK PENGELOLAAN SAMPAH DI SEKOLAH
Keywords:
edukasi lingkungan, lingkungan berkelanjutan, pengelolaan sampah, pemilahan sampahAbstract
Studi ini membahas tentang program pengelolaan sampah di sekolah sebagai upaya untuk membangun kesadaran lingkungan berkelanjutan di kalangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus program edukasi lingkungan, observasi, dan wawancara mendalam, baik dengan siswa atau guru yang di lingkungan sekolah. Studi kasus dilakukan di SD ZAIS-Serang, sebagai lokasi program edukasi lingkungan berkelanjutan oleh mahasiswa KKM Unsera bekerja sama dengan sekolah tersebut. Lebih jauh, kajian ini ingin melihat efektifitas edukasi dan bagaimana keterlibatan siswa dalam kegiatan tersebut berdampak pada kesadaran dan tanggung jawab lingkungan. Hasilnya menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam program edukasi dan pengelolaan sampah, secara signifikan meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap lingkungan yang berkelanjutan. Mereka mengerti tentang dampak sampah dan limbah terhadap lingkungan, mereka juga mengerti bagaimana membedakan antara berbagai jenis sampah dan bagaimana mengelolanya. Secara karakter mereka mulai membiasakan untuk melakukan pemilahan di antara sampah-sampah tersebut. Lebih jauh mereka juga mengerti dan mempraktekkan daur ulang sampah untuk kepentingan lebih bermanfaat. Meskipun ada kendala dalam implementasi, seperti kekurangan sumber daya dan dukungan, ada beberapa saran dan rekomendasi untuk dilakukan ke depan, yaitu: agar orang tua dan masyarakat memberikan dukungan lebih banyak. Selain itu diharapkan bahwa pengelolaan sampah dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan agar tercipta generasi yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan yang berkelanjutan.