Belajar Sambil Bermain: Edukasi Praktis 3R untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v2i.120Keywords:
Reduce, Reuse, Recycle, kerajinan tanganAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa tentang konsep dasar pengelolaan sampah berbasis prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) secara sederhana, aplikatif, dan menyenangkan dan membangun kesadaran serta karakter siswa terhadap kepedulian lingkuangan. Metode kegiatan ini dibuat dalam tiga tahap, tahap pertama yaitu persiapan dimulai dari observasi dengan melakukan survey dan pemetaan masalah, tahap kedua yaitu pelaksanaan dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan prakaraya serta tahap ketiga yaitu evaluasi dan refeleksi bersama. Hasil dari kegiatan sosialisasi memberikan kontribusi nyata dalam menumbuhkan pengetahuan, kesadaran, dan perilaku peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan edukatif yang praktis dan menyenangkan. Penerapan metode partisipatif dan berbasis aksi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep 3R serta mendorong perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah sehari-hari. Dan dari praktik prakarya dengan memanfaatkan sampah anorganic seperti gallon bekas dibuat menjadi kerajinan tangan berupa pot bunga tanaman yang dilukis, kardus dan tutup botol dibuat menjadi hiasan dinding dan botol palstik dibuat menjadi vas bunga kemudian hasilnya dilombakan antar kelompok di masing-masing tingkat.