Pendampingan Peningkatan Daya Usaha Bersama KKM UNSERA 2024

Penulis

  • Ade Nahdiatul Hasanah Universitas Serang Raya
  • Destia Melinda Putri Universitas Serang Raya
  • Rini Fitriyani Universitas Serang Raya
  • Novan Hairul Mutaqin Universitas Serang Raya
  • Lola Novianti Universitas Serang Raya
  • Nailatul Anisa Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v1i.18

Kata Kunci:

Media Promosi UMKM, e-Payment, Google Maps , UMKM

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk pelayanan yang dilakukan mahasiswa UNSERA dalam kelompok KKM kepada salah satu Usaha Desa Drangong yakni Inara Snack dengan produk utama Cilok Maknyus aneka saus dan level kepedasan. Produk sederhana dengan penjualan yang cukup baik, namun kurangnya perkembangan promosi dan peningkatan jumlah pelanggan tetap menjadi permasalahan Inara Snack. Dasar itulah yang menjadi ide mahasiswa dalam PkM, melalui pola pengarahan seperti melatih pemilik usaha dalam mengelola media sosial regular menjadi professional, meningkatkan pengelolaan transaksi kearah modern sebagai cermin upaya peningkatan daya usaha. Hasil PkM yang dilakukan selama bulan April – Mei 2024 telah berhasil menciptakan media sosial regular pemilik usaha menjadi lebih professional, tambahan pelanggan tetap meningkat dengan dua kali promosi, logo baru produk dan kemandirian pemilik dalam proses pencatatan usaha berbasis keuangan sederhana.

Diterbitkan

2024-10-18