Membangun Mental Wirausaha pada Gen Z di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.2Kata Kunci:
Generasi Z, Kewirausahaan, MinatAbstrak
Revolusi digital telah mengubah lanskip bisnis dan menciptakan peluang-peluang baru untuk dimanfaatkan Generasi Z dalam berwirausaha. Setelah menyelesaikan pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK) diharapkan untuk tidak lagi hanya mencari pekerjaan tetapi dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri. Berkaitan dengan upaya menumbuhkan jiwa wirausaha maka pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memotivasi dan menumbuhkan pola pikir kewirausahaan dikalangan Gen Z untuk menjadi entrepreneur yang sukses di era digital. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Ciruas yang berasal dari beberapa jurusan, Adapun metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Materi yang diberikan kepada peserta mengenai pengenalan konsep kewirausahaan, peluang usaha di era digital serta strategi berwirausaha. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Hasil dari pengabdian ini peserta memperoleh pemahaman tentang berwirausaha, peningkatan minat dan termotivasi untuk mengimplementasikan ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif guna meningkatkan perekonomian keluarga.