Mendidik Anak SD Mengenal Tubuh dan Batasannya: Edukasi Seksual untuk Pencegahan Pelecehan Seksual
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.35Kata Kunci:
Anak sekolah dasar, Pendidikan seksualitas, Perlindungan anak, privasi dan batasanAbstrak
Pelecehan seksual terhadap anak masih menjadi masalah serius di Indonesia. Salah satu upayanya pencegahannya adalah dengan memberikan edukasi seksuali pada anak sejak dini. Penelitian pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendidikan seks kepada siswa Sekolah Dasar tentang pengenalan tubuh dan batasannya sebagai upaya pencegahan pelecehan seksual. Program ini menggunakan media visual dan diskusi kelompok untuk kegiatan pengajaran interaktif yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi partisipatif, analisis dokumen, dan wawancara mendalam, dimana subjek penelitian adalah siswa kelas 4 hingga 6 Sekolah Dasar. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa belajar lebih banyak tentang tubuh mereka, termasuk bagian yang tidak boleh disentuh orang lain, serta bagaimana mengidentifikasi dan melaporkan situasi yang tidak aman. Selain itu, para guru menyambut program ini dengan mengatakan bahwa konten yang disampaikan membantu memperkuat komunikasi antara anak dan orang dewasa tentang masalah sensitif. Pengabdian masyarakat ini menghasilkan kesimpulan bahwa edukasi seksual yang dilakukan sejak dini dan dengan cara yang tepat dapat membantu mencegah pelecehan seksual pada anak. Untuk menjangkau lebih banyak anak dan menciptakan generasi yang lebih sadar dan terlindungi dari pelecehan seksual, disarankan untuk memasukkan program ini ke dalam kurikulum sekolah dasar secara nasional.