Edukasi Pemasaran Digital pada Pelaku Usaha Telor Asin sebagai Upaya Pengembangan UMKM

Penulis

  • Eva Fachriyah Universitas Serang Raya
  • Divo Divo Universitas Serang Raya
  • Sifa Cahyani Cahyani Universitas Serang Raya
  • Rizki Nur Ikhsan Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v1i.5

Kata Kunci:

edukasi, pemasaran, digital, telor asin, UMKM

Abstrak

Perkembangan media sosial di era digitalisasi ini sangatlah cepat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Namun yang terjadi di desa Teritih Walantaka, penjualan produk UMKM Telor Asin masih menggunakan cara tradisional, sehingga lingkup pemasaran dan penjualan produk masih sempit, terbatas hanya tetangga atau tetangga kampung.  Oleh karena itu, diperlukan edukasi terkait pemasaran digital atau lebih familiar dengan istilah digital marketing yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan penjualan agar wilayah pemasaran produk UMKM Telor Asin tersebut menjadi semakin luas. Kegiatan ini terdiri atas pengenalan pasar, edukasi pemasaran secara digital, pembuatan akun sosial media, pembuatan nama brand dan logo usaha, kemasan (packaging) serta pemasaran produk melalui online maupun konvensional. Dari kegiatan tersebut menghasilkan pembuatan nama brand dan pengemasan yang lebih menarik pada produk yang siap dipasarkan. Selain itu, kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat setempat terutama para pelaku usaha teor asin.

Diterbitkan

2024-07-20