Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif kepada UMKM Sekitar Pesantren Darun’naim

Penulis

  • Saleh Dwiyatno Universitas Serang Raya
  • Erni Krisnaningsih Universitas Banten Jaya
  • Entis Haryadi Universitas Serang Raya
  • Sulistiyono Sulistiyono Universitas Serang Raya
  • Rita Wiji Wahyuningrum Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Serang
  • Ngatono Ngatono Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v1i.50

Kata Kunci:

Pendampingan, Ekonomi Kreatif, Desain Kemasan, UMKM, Berkelanjutan

Abstrak

Ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam pembangunan berkelanjutan karena menggabungkan kreativitas, budaya, teknologi untuk menciptakan nilai tambah ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Kurangnya pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM sekitar Pesantren Darun’naim tentang desain kemasan untuk peningkatan pemasaran sehingga perlu dilaksanakan kegiatan pendampingan. Kegiatan PkM ini bertujuan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM di sekitar pesantren Darun’naim dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan sebagai upaya peningkatan ekonomi kreatif melalui kegiatan pelatihan yang difokuskan pada keterampilan desain kemasan produk dan pembuatan laporan keuangan sederhana. Tahapan dari kegiatan PkM terdiri dari: Identifikasi potensi dan kebutuhan, pelatihan dan workshop, evaluasi, pendampingan dan mentorship. Tahapan dari kegiatan pelatihan dilaksanakan terdiri dari: Pelatihan desain kemasan produk, pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana dan workshop desain kemasan dengan Canva. Hasil dari pendampingan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM sekitar Pesantren Darun’naim terhadap desain kemasan dan pembuatan laporan keuangan ekonomi dalam meningkatkan penjualan dan menjalankan usahanya. Untuk keberlanjutan program di masa yang akan datang perlunya diadakan pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran digital.

Diterbitkan

2024-10-18