Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Penjualan pada Produk Jajanan Cirubi
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.51Kata Kunci:
UMKM, Penjualan, Produk MakananAbstrak
UMKM makanan Cirubi merupakan salah satu UMKM yang ada di Kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang. Produk makanan Cirubi memiliki ke khas an pada produk cireng olahannya yaitu dengan menyediakan varian ubi ungu, yang juga digunakan pada penamaan produknya, Cirubi Cireng Ubi Ungu. Namun demikian penjualannya mengalami kondisi stagnan. Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan pengabdian berupa pendampingan dilakukan dengan tujuan meningkatkan volume penjualan produk cirubi. Kegiatan pengabdian dilakukan berupa pendampingan dengan mengenalkan menitipkan produk di toko frozen, desain label baru dan packaging, memasang banner didepan lokasi, memunculkan nama usaha di google maps, memperluas wilayah pemasaran dan menerapkan system reseller. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan terjadi peningkatan volume penjualan per bulan menjadi tiga kali lipat.