Pendampingan Packaging dan Marketing UMKM Ichcoffetime
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.58Kata Kunci:
Pengabdian, UMKM, KopiAbstrak
Upaya penjualan produk UMKM pasca pandemi Covid-19 harus dilakukan untuk kembali menggerakkan roda ekonomi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu pihak UMKM Desa Pelamunan Kecamatan Kramatwatu dalam meningkatkan kembali omset dari penjualan produk kopinya. Metode yang dilakukan meliputi metode wawancara pada pihak UMKM dan pengisian kuisioner oleh konsumen yang membeli produk kopi pada saat kegiatan pemasaran di cafe tempat UMKM tersebut. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa UMKM ichcoffetime kembali bersemangat dalam memproduksi dan menjual produknya ke pasaran pasca pandemi Covid-19. Selain itu, hasil pengisian kuisioner menunjukkan bahwa produk kopi ini memiliki potensi penjualan yang lebih baik di masa yang akan datang. Hal ini tercermin dari hasil kuisioner yang menunjukkan produk disukai oleh konsumen dan konsumen menyatakan ingin kembali membeli produk kopi UMKM ichcoffetime di masa yang akan datang.