Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Kekayaan Intelektual Di Desa Mesjid Priyayi Kecamatan Kasemen
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.62Kata Kunci:
Produk UMKM, Digital Marketing, Kekayaan IntelektualAbstrak
Kekurangpahaman masyarakat Desa Mesjid Priyayi terkait dengan teknologi informasi dan kekayaan intelektual perlu mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pihak utamanya dari pihak pemerintahan Kota Serang. Salah satunya berkaitan dengan pemanfaatan produk produk usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan salah satu upaya strategis dalam menggerakkan perekonomian lokal serta mendorong kemandirian ekonomi masyarakat. Di tengah persaingan global dan dinamika pasar semakin kompleks, kualitas produk menjadi hal yang sangat penting yang dapat mempengaruhi daya saing UMKM. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan strategi pemasaran dan teknologi informasi pada usaha mikro kecil menengah produk Kue Satu dan Gipang yang berlokasi di Kampung Magelaran Cilik, Desa Mesjid Priyayi, Kecamatan Kasemen. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi survei lapangan dan pelatihan digital marketing kepada pemilik UMKM Kue Satu dan Gipang. Survei lapangan dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan, tantangan dan potensi yang dimiliki oleh UMKM kue satu dan gipang dalam meningkatkan kredibilitas produk mereka. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang lebih baik mengenai manajemen produksi, pengembangan kekayaan intelektual (merek, cipta, paten. desain industri, rahasia dagang. DTLST) dan strategi pemasaran memberikan dampak positif terhadap kualitas produk dan persepsi pelanggan terhadap kualitas produk UMKM kue satu dan gipang. Melalui pendampingan intensif, UMKM kue satu dan gipang mampu meningkatkan dan menyejahterakan perekonomian masyarakat setempat.