Literasi dan Pendampingan Pengelolaan Sampah di Sekolah Dasar di Kota Cilegon

Penulis

  • Mohamad Jihan Shofa Universitas Serang Raya
  • Ade Age Fidianto Universitas Serang Raya
  • Muhammad Zaidan Muhyiddin Universitas Serang Raya
  • Shinta Indirawati Universitas Serang Raya
  • Hany oktavia Universitas Serang Raya
  • Sulaeman Sulaeman Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v2i.91

Kata Kunci:

Pengelolaan sampah sekolah, partisipatif, 3R

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas pengelolaan sampah di lingkungan sekolah dasar melalui pendampingan dan kemitraan dengan bank sampah, termasuk inovasi bank sampah digital. Analisis situasi menunjukkan bahwa sekolah dasar mitra menghadapi permasalahan dalam pemilahan dan pengolahan sampah, sehingga diperlukan solusi berbasis partisipatory yang diperkuat dengan pendekatan teknologi. Metode pelaksanaan mencakup dua komponen utama: (1) pendampingan konvensional melalui sosialisasi, pelatihan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dan pembentukan tim pengelola sampah; (2) penerapan sistem bank sampah dengan bekerja sama untuk memfasilitasi pencatatan, penimbangan, dan manajemen transaksi sampah yang profitable. Inovasi bank sampah digital menawarkan beberapa keunggulan, antara lain: sistem pencatatan real-time yang terintegrasi, transparansi nilai ekonomi sampah, serta mekanisme tabungan digital bagi sekolah. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efektivitas pengelolaan sampah sekolah, tetapi juga menciptakan model berkelanjutan yang dapat direplikasi di institusi pendidikan lain.

Diterbitkan

2025-07-21