Pengaruh Kedisiplinan Sekolah dan Semangat Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Jami’ah Islamiah

Pengaruh Kedisiplinan Sekolah dan Semangat Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Jami’ah Islamiah

Authors

  • Nurrohman Nurrohman Universitas Serang Raya
  • Rapiudin Rapiudin Universitas PTIQ Jakarta
  • Siti Anisah Universitas Serang Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedidiplinan dan semangat kerja guru terhadap motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Jamiah Islamiah Pondok Aren. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan bentuk kuisioner dengan jumlah populasi adalah 85 orang. Hasil Penelitian bahwa besarnya pengaruh secara bersama-sama antara variabel X1 dan X2 terhadap Y= tinggi, sehingga ada pengaruh yang kuat, kontribusi secara bersama-sama variabel X1 dan X2 terhadap Y= R2 x  100%=0,613 x 100%= 61,3% dan sisanya 38,7 % ditentukan oleh variabel lain dengan tingkat signifikansi uji F0 = 48,279. Analisis koefisien korelasi untuk X1 dengan Y= 0,005 berarti sangat tinggi. Analisis uji T parsial thitung= 9,089. Analisis koefisien korelasi X2 dengan Y= 0,576, berarti sangat rendah. Analisis uji t secara parsial thitung= 0,045, dengan ttabel= 1,670. Hasil menunujukkan t hitung < t tabel atau 0,045 < 1,670. Analisis koefisien korelasi X1 X2 terhadap Y= 0,000, analisis uji f berdasarkan perhitungan uji f yaitu fhitung= 48,279, dengan ftabel= 3,15. Hasil ini menunjukan bahwa fhitung < ftabel atau 48,279<3,15. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel X1 X2 terhadap Y di MTs Jamiah Islamiah Pondok Aren.

Kata Kunci: Kedisiplinan, Semangat Kerja, Guru, Prestasi.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Nurrohman, N., Rapiudin, R., & Anisah, S. (2025). Pengaruh Kedisiplinan Sekolah dan Semangat Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Jami’ah Islamiah: Pengaruh Kedisiplinan Sekolah dan Semangat Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Jami’ah Islamiah. SUAR: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 34–49. Retrieved from https://ejournal.unsera.ac.id/index.php/suar/article/view/156