Focus and Scope

SUAR; Jurnal Studi Pendidikan Islam adalah jurnal akademik yang berfokus pada pengembangan dan penyebarluasan penelitian dalam bidang Pendidikan Islam.

Jurnal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam melalui kajian yang komprehensif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan zaman,

Jurnal mencakup:

Pendidikan Agama Islam; Artikel-artikel dalam jurnal ini dapat membahas strategi pengajaran dan pembelajaran agama Islam, pengembangan kurikulum agama Islam, serta evaluasi program pendidikan agama.

Pendidikan Multikultural; Penekanan pada pendidikan yang menghargai keragaman budaya dan agama, serta mempromosikan toleransi dan pengertian antarumat beragama.

Psikologi Pendidikan; Menyelidiki aspek psikologis dalam pembelajaran agama Islam, seperti motivasi belajar, pengembangan sikap positif terhadap agama, dan strategi pembelajaran yang efektif.

Sosiologi Pendidikan; Memahami dampak sosial dalam Pendidikan Agama Islam, seperti peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam membentuk identitas keagamaan individu.

Teknologi Pendidikan; Penerapan teknologi dalam pengajaran agama Islam, seperti e-learning, aplikasi mobile, dan penggunaan media digital untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Etika Pendidikan; Menekankan pada nilai-nilai etika dalam konteks pendidikan agama Islam, seperti integritas, tanggung jawab, dan keadilan dalam proses pembelajaran.

Jurnal ini memberikan kontribusi yang beragam dan mendalam terhadap pemahaman dan pengembangan Pendidikan Agama Islam, dengan menggabungkan perspektif dari berbagai disiplin ilmu untuk mencapai pemahaman yang komprehensif.