Peningkatan Pengetahuan Siswa/Siswi Mengenai Self Concept Dalam Upaya Membangun Potensi Dan Meningkatkan Percaya Diri di MAN 1 Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.30656/senama.v1i.33Keywords:
Krisis Identitas, Sosialisasi, Self Concept, Kepercayaan DiriAbstract
Krisis identitas merupakan salah satu permasalahan yang banyak dihadapi remaja saat ini, hal ini menjadi salah satu penyebab mereka banyak melakukan perilaku menyimpang. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian, yaitu terletak pada minimnya pengetahuan terkait dengan sulitnya siswa/siswi dalam pengembangan diri untuk menjadi lebih baik, lebih matang dan lebih mantap. Sementara hal tersebut perlu upaya dalam pengembangan kepribadian. Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan/keunggulan yang dimiliki maupun kekurangan/kelemahan yang ada pada diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri secara tepat akan diketahui konsep diri yang tepat pula, dengan berupaya mengembangkan yang positif dan mengatasi/menghilangkan yang negatif. Tujuan kegiatan pengabdian ini memberikan pengetahuan kepada siswa/siswi mengenai self concept dalam upaya membangun potensi dan meningkatkan percaya diri. Adapun metode yang dilakukan dalam kegiataan pengabdian ini adalah melalui sosialisasi dan tanya jawab, permainan identitas diri dan yang terakhir tahap evaluasi. Hasilnya siswa/siswi cukup antusias dengan memberikan feed back dalam sharing session serta adanya peningkatan pemahaman siswa/siswi mengenai pentingnya pembentukan konsep diri demi menggali potensi dan meningkatkan kepercayaan diri.