Peningkatan Pengetahuan Siswa/Siswi Mengenai Self Concept Dalam Upaya Membangun Potensi Dan Meningkatkan Percaya Diri di MAN 1 Kota Serang

Penulis

  • Marthalena Marthalena
  • Arya Vitaro Universitas Serang Raya
  • Andini Setianingrum Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.30656/senama.v1i.33

Kata Kunci:

Krisis Identitas, Sosialisasi, Self Concept, Kepercayaan Diri

Abstrak

Krisis identitas merupakan salah satu permasalahan yang banyak dihadapi remaja saat ini, hal ini menjadi salah satu penyebab mereka banyak melakukan perilaku menyimpang. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra pengabdian, yaitu terletak pada minimnya pengetahuan terkait dengan sulitnya siswa/siswi dalam pengembangan diri untuk menjadi lebih baik, lebih matang dan lebih mantap. Sementara hal tersebut perlu upaya dalam pengembangan kepribadian. Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan/keunggulan yang dimiliki maupun kekurangan/kelemahan yang ada pada diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri secara tepat akan diketahui konsep diri yang tepat pula, dengan berupaya mengembangkan yang positif dan mengatasi/menghilangkan yang negatif. Tujuan  kegiatan pengabdian  ini  memberikan  pengetahuan  kepada siswa/siswi mengenai self concept dalam upaya membangun potensi dan meningkatkan percaya diri. Adapun metode yang dilakukan dalam  kegiataan pengabdian ini adalah  melalui  sosialisasi dan tanya jawab,  permainan identitas diri dan  yang terakhir tahap evaluasi. Hasilnya siswa/siswi cukup antusias dengan memberikan feed back dalam sharing session serta adanya peningkatan pemahaman siswa/siswi mengenai pentingnya pembentukan konsep diri demi menggali potensi dan meningkatkan kepercayaan diri.

Diterbitkan

2024-10-18